Hari ini terasa lega sekali dan terkadang pingin tertawa sendiri, yah….masalah kecil yang timbul karena ketidak tahu an saya perihal perbaikan listrik sistem pra bayar PLN
Pengalaman saya bisa saya ceritakan sbb
Selasa tgl 8 Januari kemaren status KWH meter pra bayar rumah saya ada tulisan ”PERIKSA” di monitor display nya. Timbul pertanyaan apakah listrik saldo saya sdh mulai habis shg ada alarm kuning dan tulisan ”Periksa”.
Buru buru saya ke ATM Mandiri untuk membeli token takut kehabisan KWH meter, terakhir saya lihat posisi 24 KWH, setelah dapat token dari struk ATM 20 digit langsung saya masukkan token tsb dgn hapan saldo KWH bertambah dan tulisan / alarm kuning padam (ke kondisi normal), namun harapan saya salah krn begitu saya masukkan 20 digit muncul error (Salah), saya ulangi lagi input 20 digit token kemudian terjadi error lagi.
Takut terjadi sesuatu saya pun call 123 dari no Flexi saya…..dan dari petugas call center PLN dijanjikan ada petugas yg akan datang.
Tunggu ditunggu hari Rabu siang….gak ada deh petugas PLN yang nongol, akhirnya sore harinya call lagi ke 123 dan dijanjikan ada petugas PLN datang
Hari Kamis siang ditunggu ditunggu ga juga nongol tuh petugas nya, sore harinya call lagi dan sama seperti sebelumnya dijanjikan ada petugas datang….(weleh 2 dah mulai capek nih), selain itu khan takut kalo ternyata KWH meter abis, maka rumah akan mati total, dan waktu saya tanya apakah bisa listrik pra bayar diganti pasca bayar PLN, dijawab petugas call center PLN infonya ga bisa…..waduh tambah Be Te nich….. L
Jumat sore itu petugas gak nongol2 juga…akhirnya call lagi ke 4 kalinya ke call center 123, dijawab nanti akan ada petugas datang…waduh 4 kali jawaban yg sama,….dan saya desak kapan petugas datang karena sudah 4 hari belum ada, malah agen call center bilang
”maaf pak bapak nelpon ke PLN area Jakarta…..harusnya bapak nelpon ke area Bandung, karena depok ada di bawah area Bandung”
Walah walah….ni gimana sich….sdh 4 hari dan 4 kali telpon baru dikasih tahu harus call ke Bandung, truss itu agen nya bilang ”harusnya bapak call ke 022 123”
Antara kecewa dan entahlah…speechless alias ga bisa ngomong
Akhirnya saya pun call ke 022123, kepada petugas saya ceritakan kronologis nya sejak 4 hari yll, akhirnya oleh agen call center dikasih info ”nanti akan kami kirim sms 20 digit pak Roni, jadi KWH meter bapak harus di reset dengan memasukan 20 digit tsb, pada saat memasukkan digit kondisi KWH meter harus dalam posisi mati, setelah memasukkan 20 digit kemudian tekan enter, maka tulisan ”PERIKSA” dan alarm kuning akan hilang, setelah itu masukkan 20 token pembelian dari struk ATM dan tekan ENTER, setelah semua selesai bapak bisa hidupkan lagi (Switch ON) KWH meter tsb.
Setelah menutup pembicaraan saya coba tunggu sebentar berharap ada sms muncul, setelah 10 menit menunggu akhirnya muncul SMS dari PLN
Setelah mendapat 20 digit untuk reser KWH meter, maka langkah lankah seperti yang agen call center 123 PLN area Bandung, dan …..alhamdulillah lancar….error dan display KWH meter menjadi normal, saya pun juga bisa memasukkan token untuk menambagh saldo KWH meter pra bayar PLN.
Dari pengalaman tsb di atas dapat diambil kesimpulan sbb
- Seharusnya petugas agen call center PLN mempunyai kompetensi yang cukup, shg apabila ada masalah display ”Periksa” maka lakukan penjelasan informasi bhw akan ada sms 20 digit yg harus dimasukkan untuk me reset KWH meter
- Ternyata call center PLN blm tersentralisasi jadi masih ada call center di luar Jakarta, buat pembaca di area Depok atau Bogor atau kota di Jawa Barat sebaiknya call ke 022123, biar ga sakit hatinya seperti pengalaman saya, bayangkan sudah 4 hari dan 4 kali call, si petugas nge-les bhw kita harus call ke PLN Bandung
- KWH Meter Pra Bayar PLN
Sebenarnya sih pada waktu itu saya sudah coba browse ke google, siapa tahu sudah pernah ada masalah seperti saya, shg saya bisa melakukan self problem solving, namun sudah beberapa kali saya cari di google dengan keyword ”pengalaman listrik pra bayar PLN” atau ”cara menghilangkan periksa di Pra bayar PLN” kok ga ada yg nemu, ada juga sih yg nulis di internet katanya sih alarm muncul karena masalah grounding, dan saran penulis di blog tsb kita harus nunggu petugas PLN datang dgn alsan KWH meter adalah kewenangan PLN, akhirnya dari info tsb saya hanya bisa menunggu petugas PLN datang.
Ternyata masalahnya tidak begitu sulit, namanya alat elektronik (KWH meter) suatu saat akan terjadi ”hang” karena lama pemakaian atau karena faktor tegangan yg tdk stabil atau juga karena faktor cuaca shg memang harus di reset
Dari pengalaman tsb di atas saya coba tulis melalui blog ini dengan harapan siapapun pembaca di seluruh Indonesia yg mengalami masalah seperti saya bisa cepat tersolusikan shg seharusnya maslah tsb bisa diselesaikan dalam waktu 15 menit saja dantidak harus menunggu 4 hari, coba bayangkan kalo ternyata sisa saldo KWHmeter kita habis, bisa dibayangkan listrik di rumah akan mati, kita ga bisa mandi (pompa listrik mati), semua lampu akan mati, ga bisa seterika pakaian, ga bisa nonton TV bla bla bla……kasian khan anak anak….
Seperti tulisan saya sebelumnya di bulan pebruari 2011 ketika heli remote anak saya rusak, truss googling dan ga nemu tempat service heli remote, akhirnya masalah tsb bisa diselesaikan di salah satu tempat service, kemudian saya tulis di blog….dengan harapan jika ada seorang ayah yg mengalami hal yg sama seperti saya bisa dapat tersolusikan, atau cerita detilnya dibaca klik service heli remote
Jadi teringat kalimat bijak untuk ”saling berbagi”, jadi berbagi disini tidak harus uang atau rupiah, atau juga tidak harus ilmu yang tinggi, namun berbagi juga bisa dilakukan dengan share hal hal prakts sehari hari dengan menulis dalam blog, siapa tahu tulisan kita bermanfaat buat sesama manusia, insya allah dengan niat yang ikhlas ilmu yg kecil tsb akan menjadi barokah buat kita semua
”Salam berbagi dengan menulis di blog”
Semoga bermanfaat
Salam dari Depok
Googling nya salah keyword mungkin… Banyak artikel / blog yang bahas ini dari awal 2012…
Wahh keren om artikelnya, saya juga mengalami hal yg sama, karna plsa token lama gak di isi berbulan bulan (maklum rumah kosong) sekalinya ngisi yg 20rb eh bisa tp lampu gak hidup, muncul tulisan STL Salah, trus saya ulang lagi, eh katanya 20 digit udah pernah terpaka krna di LCD muncul tulisan “SUDAH”. brarti kan pulsa 20rb nya udah masuk tp kok gak bisa hidup ya? METERANNYA merk “STAR”
Makasih pak wawan komentarnya, syukurlah kita bisa berbagi pengalamAn, smg teman yg lain bisa tersolusikan jk membaca artike ini
Salam berbagi
nimbrung……saya juga punya pengalaman mati total selama 30 jam! kebayang kan anak2 bete dan serasa hidup thn 45 🙂
Memang kata PERIKSA itu jadi momok bagi pelanggan PRA BAYAR, karena memang katanya mesinnya itu sangat sensitif terhadap kerusakan kecil -konslet, kelebihan tegangan atau ada yang kliru pemasangan instalasi listriknya- dan agar kita bisa isi pulsa token lagi maka kita harus mendapat password dari pusat. Kasus yang terjadi pada saya kata PEriksa muncul 5 bulan yang lalu lalu sebulan kemudian muncul lagi (sampai saya malu untuk telp PLN terus) walhasil yang terakhir petugas bilang mau diganti meterannya dengan yang baru (yang baru ini katanya tidak akan mucul kata itu lg. Milik anda yang lama tuh, alamat akan muncul PERIKSA lagi, hehehhe).
Jaid saat proses penggantian dan sambil menunggu password baru dari pusat, Listrik dirumah saya diambilkan secara gratis lgsg tanpa pakai meteran (ini dilakukan oleh petugas PLN). Saya membayangkan pastinya ganguan ini pastii banyak dieluhkan oleh pelanggan pra bayar dan kebayang dong kerugian PLN dari sistem baru ini. Seminggu kemudian petugas datang dengan membawa mesin yang lebih cantik dan todak sensitif lagi serta dengan nomer pelanggan baru………ohya ternyata selidik punya selidik sensifitas mesin lama yg menyebabkan muncul periksa itu karena kabel telepon jaringan speedy saya rusak..hehehe…..so periksa instalasi listrik di rumah anda, karena dg mesin yg lama itu akan muncul periksa lagi dan anda akan telpon PLN lageeeee 😀
Makaish pak
Saya akhirnya pasang 2 meteran listrik di rumah takut ada masalah lagi biar 2 mweteran listrik tsb saling backup
Salam indahnya berbagi
wah info yg sangat membantu sekali nih..buat pengguna pln prabayar..terima kasih mas bro
sama sama pak deeje
senang sekali tulisan saya bermanfaat buat orang lain, salam
makasih banyak om atas info nya sangat bermanfaat buat saya,kebetulan di desa kami baru di aliri listrik PLn…apakah bisa menghubungi kecall 022123 untuk Areal SUMATERA-BENGKULU ketika mengalami gnagguan…mohon infonya om makasih
pak suheri,
untuk bengkulu kemingkinan masuk area medan, coba call ke 061123
salam
abis kena razia listrik…minta penambahan daya dari 450 gak dikasih ya udah ganti braker heheheheh diplosok kaltim mo gimana lagi!!….untung aja cuman disuruh naikan daya ke 1300 bayar 700rb, gak bayar dendanya…ini masih binggung antara 1300 dgn 2200, takutnya kalo 2200 kelebihan listriknya, alias jatuhnya lebih mahal…tapi kalo 1300 kurang krn ada AC 1Pk, komputer 3, kulkas, dispenser….elektronik segitu 1300 kuat gak yaaaah???
Harus d reset ya
kasih tahu dong 20 digit eesetnya Please ???
pak saly,
untuk mendapatkan kode reset 20 digit harus lapor dulu ke 123, nanti akan dipandu
salam
saya sedang mengalaminya nih .. kl gitu saya call 022123 dulu deh . . 😉
ok pak ahmad
semoga sukses ya
Ini pengalaman saya hari ini pak… Sudah telfon 4 kali ke 021123 karena status periksa dan ga bs isi ulang, kondisi rumah padam.. Cm bilang akan ada petugas yg datangdan kami koordinasikan dgn unit terkait… Semua operator jawabannya kompak… Harusnya kalo memang kondisi periksa ini sering dialami pelanggan seharusnya sudah langsung dapat dipandu langsung oleh call center nya… Akan saya coba telfon k 022 123 terima kasih pak
semoga berhasil bu maria…
wah, masalahnya mirip sekali dengan yg sy alami sekarang..
makasih om 😀
sama sama pa, hanya sekedar sharing saja, salam
sekarang aq baru ngalamin ni harus gimana ya…..?
coba diikuti sharing saya yg saya tulis, semoga bisa bermanfaat tks
wah emang gini ya penyakitnya listrik prabayar….klo gini lebih baik pake bulanan (sebelumnya pake yg bulanan, gara2 rumah ditinggal kerja pencata meter ngawur tagihan listrik over)…..ini sekarang lagi ngalami n nunggu petugas dtg
Kalo nurut saya ada plus minus nya sih pa…tergantung kita menyikapi nya, kalo buat rumah yg dikontrakkan lebih enak pra bayar, tp sih mmg lebih enak yg paska bayar aja sih 🙂
Betul saya sependapat dengan semua yang pernah mengalami permasalahan meteren pulsa, bete bangeet..gara renovasi rumah meteran pindah bergeser eror tuh meteran…..harus hub 123..
iya mba, butuh kesabaran tersendiri…
kalau di meteran muncul gambar telapak tangan gimana dong solusinya?
pa abdul,
untuk solusi tsb coba dikoordinasikan dgn call center pengaduan atau layanan PLN di 123 tks
Terimakasih atas petunjuk dan saran nya
sama sama pak
senang bisa membantu
salam
Mau beli token listrik yang terpercaya dan mudah, kunjungi kami di https://tokenpln.page365.net/
Saya jg pernah mengalami serupa, tp ujung2nya saya bayar ke petugas PLN di desa, 100 ribu, padahal saya sudah telf ke 123 ( ktanya gak byar) tp kok jadi bayar ya,,
🙂
saya baru alami hal ini, memang kalau telp 123 hanya dibantu eskalasi ke petugas terkait untuk membantu masukin token saja,sedangkan instalasi utk menormalkan kembali ‘harus’ bayar lagi,ujung2nya nanti alat meterannya diganti,
iya pa
sebaiknya kita bisa lebih berhati hati agar tidak salah langkah
salam
Thank you… Bermanfaat sekali postingnya sangat mendetail… Semoga berkah
baru sore ini mengalami masalah yg sama, sialnya ketahuannya saat alarm bunyi karena pulsa sudah mau habis, sisa 4 kwh… sudah hubungi 021-123 sore tadi tapi sampai sekarang belum dapat respon sms kode reset… gimana ini gan..????
Kalau PLN Bandung respon cepat sekali dan 24 jam, apalagi kalau kita bilang ke call center bahwa listrik rumah mati total, jam 3 pagi juga mereka datang (Itu dulu, sekarang ngga tau).
Nah ngomong2 dengan prabayar, sungguh pengalaman yang buruk bagi saya, seumur hidup saya pakai yang bulanan tidak pernah ada masalah sekalipun, paling sikring mati subuh2, dan tidak ada toko yang buka jadi saya panggil petugas.
Kemarin sumur bor saya baru selesai, lalu harus tambah daya ke 2200VA, dan sekarang semua wajib prabayar pakai token, alhasil kemarin saat petugas pasang meteran baru, terdapat kata “Periksa” dan simbol tangan, lalu kata dia ini yang salah instalasi rumah, terus sebelumnya saya hanya beli token 100rb karena tidak berpikir akan error, entah bagaimana itu petugas bisa masukin token 100rb itu, saya tidak tahu jelas karena ayah saya yang bertemu petugas itu.
Saya panggil tukang ahli listrik untuk mengecek instalasi rumah, karena kata petugas yang masang meteran, ini kesalahan di instalasi rumah. Tapi kata tukang instalasi, ini kesalahan di meteran, bukan instalasi, sepengetahuan saya juga instalasi rumah saya lancar tidak ada masalah.
Hari ini saya telepon 123 dan minta nomor temper, supaya saya bisa masukin token sebelum mati listrik. Dan ternyata saya hanya bisa memasukan 2 digit nomor, jadi nomor temper yang panjang itu gagal. Ada tulisan “Gagal”. Dicari di internet tidak ada yang bahas bagaimana selanjutnya jika kode temper “Gagal”. Apakah admin tau bagaimana kalau gagal?
Lalu saya komplain ke orang yang ngasih kode temper, dan disuruh menunggu, nanti ada petugas yang datang. Sampai sekarang masih menunggu, padahal capek mau tidur.
Ampun bener buang waktu sekali pra bayar ini. Bikin kesel karena sumur bor baru jadi, cuma bisa nyalain pompa air 5 menit karena takut token habis, padahal mau nguras kotoran di sumurnya.
Sekarang jadinya harus bergadang menunggu petugas yang ngga jelas bakal datang atau tidak.
Kesalahan saya, saya menelepon 123, harusnya saya menelepon ke kantor PLN langsung, karena kantol PLN jaraknya hanya 500meter dari rumah saya, dan 24jam, kalau langsung ke kantor PLN mungkin 1 jam juga sudah datang petugasnya.
Sekedar share, saya baru upgrade ke pra bayar minggu kemarin, lalu ada tulisan periksa, code clear temper tidak berhasil, ternyata instalasi listrik rumah sudah jadul, jadi MCB semua menjadi satu, seharusnya MCB harus dipisah, jadi sekarang MCB ada 3, rumah bagian kanan dan kiri, dan 1 khusus pompa air.
Sempat nanya ke 5 orang tukang listrik yang bebeda, semua jawabannya menyesatkan, ada yang bilang meteran rusak, ada yang bilang harus pake grounding, arde, yang paling parah ada yang bilang code token dan temper yang saya coba salah ketik, padahal saya sudah coba mungkin 10x per code.
Lalu setelah saya tanya instalatir recomendasi dari orang PLN, dia langsung jawab ini sih mcb harus dipisah, dan dalam beberapa jam saja masalah saya terselesaikan, code clear temper langsung bekerja dan saya pun dapat memasukan token listriknya.
Jadi saran saya, jangan percaya ke tukang listrik, karena saya sempat ganti semua kabel instalasi ke tukang listrik, dan jadinya buang2 uang, tapi kalau langsung cari inslalatir yang mengerti tentang token, masalah langsung terpecahkan. Solusi permasalahan saya sederhana, hanya pisahkan MCB doang.
Cuma sekedar share pengalaman agar tidak ada yang mengalami pengalaman seperti saya menyewa tukang listrik yang tidak mengerti sistem meteran token.
Oiya untuk daerah bandung, dan butuh instalatir yang bagus, datang ke kantor PLN Garuda, disana tanya ke siapa pun pegawai PLN, mereka akan merekomendasikan satu orang, namanya Pak Mamat, dia terkenal jago, kerjaan cepat, dan murah, dan mengerti sistem meteran token yang lebih ribet dibanding meteran pasca bayar.
Maaf saya tidak bisa menshare nomor contact-nya karena tidak enak rasanya menshare nomor orang lain, dan kesannya jadi seperti iklan, jadi lebih baik langsung datang ke kantor PLN Garuda dan tanya rekomendasi orang disana secara langsung.